Kota Mati Yang Tersebar di Dunia, Berani Kesini Gak?

Kota Mati Yang Tersebar di Dunia, Berani Kesini Gak?

December 18, 2018 0 By Dedric

Biasanya negara yang mempunyai pemandangan indah ataupun budaya yang unik menjadi ketertarikan tersendiri bagi para traveller. Tetapi bagaimana jika tujuannya adalah kota mati yang sudah tidak lagi dihuni oleh penduduk? Tentu hal itu akan memberikan suatu pengalaman baru bagi seseorang yang mengunjunginya. Namun tidak semua kota mati yang tersebar di dunia tersebut bisa didatangi oleh manusia, karena biasanya pemerintah sudah melarangnya untuk dihuni atau didatangi oleh siapapun.

Nah masihkah anda berani untuk mengunjungi kota mati yang tersebar di dunia tersebut? berikut ini ulasannya:

Kota Mati Yang Tersebar di Dunia

1. Witternoom, Australia

Kota mati yang tersebar di dunia - Witternoom

 

Di Australia ada sebuah kota mati yang terletak di sebuah kota kecil yang juga bernama Witternoom. Kota ini sebenarnya adalah salah satu kota pemasok asbes biru selama kurun waktu dari tahun 1950 hingga 1960.

Sayangnya ada kejadian yang mengharuskan pemerintah menutup kota ini dari manusia. Dimana banyak warga yang terserang penyakit karena udara di sekitar kota ini mulai menjadi kotor. Karena hal itulah pemerintah menutup kota ini dari manusia hingga saat ini. Bahkan saat ini sudah dipasang tanda larangan untuk memasuki kota ini. Jadi masih beranikah anda datang ke kota ini?

2. Pripyat, Ukraina

Kota mati yang tersebar di dunia - Pripyat

Masih banyak kota mati yang tersebar di dunia seperti kota yang dijuluki kota hantu ini yang berada di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir chernobyl di Oblast Kiev tepatnya di kota Pripyat, Ukraina. Awal mulanya kota ini dibangun untuk dijadikan tempat tinggal para pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir pada tahun 1970.

Setelah dihuni selama 16 tahun, akhirnya beberapa ledakan reaktor nuklir mengharuskan warga yang tinggal di kota ini untuk segera mengungsi ke kota lain.

Setelah 4 kali ledakan reaktor nuklir tepatnya pada 26 April 1986, sekitar 45.000 warga yang tinggal disini harus diungsikan oleh pemerintah setempat untuk menghindari efek partikel radioaktif yang bisa membahayakan tubuh manusia. Beberapa tahun berselang kota ini menjadi kota mati yang tidak ada satupun manusia terlihat di kota ini sehingga dijuluki kota hantu.

3. Centralia, Pennsylvania, Amerika Serikat

Kota mati yang tersebar di dunia - centralia

Selanjutnya ada sebuah kota mati yang terletak di Centralia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Pada tahun 1980, banyak sekali warga yang tinggal disini hampir sekitar 2.761 orang yang menghuni kota ini. Namun seiring waktu, warga yang tinggal disini berkurang drastis hingga menyisakan 10 orang saja pada tahun 2010.

Penyebab menurunnya angka warga yang tinggal disini adalah karena pada tahun 1962 sempat terjadi kebakaran tambang batubara di kota ini. Bahkan menurut data terakhir api yang melahap tambang batubara tersebut masih terlihat menyala di bawah tanah.

Tetapi hal itu tidak membuat semua warganya lantas pergi meninggalkan kota tersebut. Karena masih ada beberapa warga yang tinggal di tempat itu, bahkan masih ada gereja di kota itu yang masih melanjutkan pelayanannya.

4. Graco, Italia

Kota mati yang tersebar di dunia - Graco

Kota mati yang tersebar di dunia selanjutnya terletak di Italia yaitu Graco. Graco adalah kota yang berdiri sejak abad pertengahan yang berlokasi di daerah Basilicata, Provinsi Matera, 25 meter dari daratan Teluk Taranto. Keberadaan kota inilah yang membuat para warganya pergi meninggalkan kota tersebut.

Dengan letak geografis berada di sisi bukit, membuat kota ini sering kali dilanda bencana. Tahun 1892 dan 1922, sekitar 1.300 warga pergi dari kota ini karena kondisi pertaniannya yang sedang buruk.

Selang beberapa tahun tepatnya 1963, kota Graco kembali diserang bencana tanah longsor yang juga membuat warganya pergi dari tempat tersebut. Pada tahun 1972 juga sempat terjadi banjir bandang dan tahun 1980 terjadi lagi bencana gempa bumi.

Saat ini pun sudah tidak ada lagi warga yang tinggal di tempat ini. Tetapi kota ini sering dipakai untuk menjadi lokasi syuting beberapa film karena keindahannya.

5. Nagoro, Jepang

Kota mati yang tersebar di dunia - nagoro

Tidak semua kota di Jepang ternyata mempunyai keindahan seperti yang dibayangkan banyak orang. Buktinya ada salah satu desa yang menyimpan misteri yang sangat aneh. Desa ini terletak di lembah Iya, Shikoku, Prefektur Tokushima.

Misteri aneh tersebut adalah karena kota ini bukan di isi oleh sebagian manusia melainkan kebanyakan dihuni oleh boneka yang ada di beberapa titik desa tersebut. Boneka-boneka tersebut dibuat sendiri oleh salah satu warga yang tinggal di Nagoro yaitu Ayano Tsukimi.

Proses pembuatan boneka ini biasanya jika ada salah satu warga desa tersebut yang pergi ke desa lain atau meninggal dunia. Lalu, Tsukimi akan langsung membuat bonekanya mirip dengan warga tersebut dan menaruhnya di tempat terakhir warga tersebut melakukan aktivitasnya. Tujuan ia membuat boneka itu adalah untuk bentuk penghormatan kepada jiwa-jiwa yang sudah pergi meninggalkan dirinya.

Nah itulah tadi beberapa ulasan singkat tentang kota mati yang tersebar di dunia. Adakah salah satu kota yang membuat anda tertarik untuk mendatanginya?